Selasa, 23 Februari 2016

EKSKUL TARI

Siswa Putri beremangat mengikuti Ekskul Tari
Kegiatan Ekstra kulikuler / Ekskul Tari dilaksanakan di lingkungan RA Perwanida 2 Palembang sehabis pulang sekolah, kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun  sekaligus  sebagai bekal dalam mempersiapkan pementasan akhir tahunan.

Jenis-jenis tari yang sesuai dengan karakter anak usia dini, tidak sebanyak materi tari untuk usia dewasa. Untuk memenuhi kebutuhan siswa akan materi seni tari tersebut, maka guru-guru RA Perwanida 2 Palembang dituntut untuk dapat menciptakan tari yang sesuai dengan karakter dan tingkat usia anak.

Materi pembelajaran seni tari pada anak usia dini di RA Perwanida 2 Palembang  pada awalnya diadopsi dari pencipta tari yang sudah ada dan merupakan hasil cipta guru-guru








TUJUAN
 
Tujuan pendidikan seni (seni tari) adalah membentuk manusia seutuhnya yang mampu mengembangkan kepekaan estetisnya, daya cipta, intuitif, imajinatif, motivatif dan kritis terhadap lingkungannya. Pembelajaran seni tari di tingkat sekolah formal termasuk diantaranya pendidikan pra sekolah tidak semata-mata membentuk siswa menjadi seniman profesional, akan tetapi lebih pada proses aktualisasi diri dan kreatifitas siswa melalui media gerak. Oleh karena itu, diberikan pula penyuluhan tentang pemahaman mengenai berbagai jenis tari, dan karakteristik anak usia dini.

Pembelajaran seni tari pada anak usia dini sangat berpengaruh terhadap pola perkembangan anak yang ditandai dengan perkembangan motorik kasar dan motorik halus, pola bahasa dan pikir, emosi jiwa serta perkembangan sosial anak. Selain itu, pembelajaran seni tari pada anak usia dini juga berfungsi sebagai sarana untuk memperkenalkan, membudayakan dan menanamkan nilai-nilai luhur budaya bangsa melalui proses sosialisasi, enkulturasi dan internalisasi. 


--- oOo ---


Tidak ada komentar:

Posting Komentar