Kamis, 28 April 2016

RA PERWANIDA 2 PALEMBANG

Bunda Lina Martini S.Pd.I
Kepala RA Perwanida 2 Palembang
Raudhatul Athfal (RA) Perwanida 2 Palembang, berlokasi di Komplek MAN 3 Palembang, yang mulai berdiri pada tahun 1979, memfokuskan pembentukan dasar berbasis islami serta mementingkan pembinaan akhlak. Dimana masa emas yakni usia Prasekolah. "Manusia yang paling tinggi statusnya adalah manusia yang paling mulia akhlak dan tinggi sifat taqwanya. Iman seorang Muslim itu tidak sempurna apabila dia tidak memiliki akhlak yang mulia dan terpuji." Bunda Lina Martini S.Pd.I selaku Kepala RA Perwanida 2 Palembang menjelaskan.

RA Perwanida 2 Palembang menggunakan Agama Islam sebagai pegangan utama pendidikan Agamanya.  Anak-anak adalah masa terpenting dalam pembinaan akhlak. Masa tersebut memiliki kelebihan yang tidak dimiliki pada masa sebelum dan sesudahnya. "Makanya pada masa itulah seorang pendidik atau orang tua memiliki peluang yang sangat besar dalam membentuk anak sesuai dengan apa yang diinginkannya," jelasnya.

Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi proses perkembangan seorang anak sekaligus merupakan peletak dasar kepribadian anak. Pendidikan di sekolah merupakan kelanjutan dalam keluarga yang merupakan lembaga tempat terjadi proses sosialisasi.


"Pembelajaran akhlak penting sekali ditanamkan pada anak didik sejak usia dini, karena pada usia ini anak mudah sekali meniru apa yang mereka lihat dan dengar. Jika anak tidak dibina dengan pembelajaran akhlak terpuji sedini mungkin, maka pada masa perkembangan anak menuju kedewasaan akan membawa dampak yang lebih fatal lagi dan akan meresahkan keluarga dan masyarat sekitarnya," ungkapnya pula.


RA Perwanida 2 Palembang  dimuat di Harian Palembang Ekspress
Rabu, 10 Oktober 2012

RA ADALAH  TK PLUS
 
Para Guru di RA Perwanida 2 Palembang
Sekarang RA bukan alternatif sekolah TK. Tapi RA adalah pilihan masyarakat, dimana mereka memasukkan anak untuk bekal dan mengenalkan agama Islam sejak dini. 

Karena RA punya kurikulum sama dengan TK tapi plusnya pendidikan agama yg komprehensif bagi anak didik. Untuk itu, harap dia, RA kedepan harus terus berkembang lebih baik, tidak hanya sebagai lembaga pendidikan dini, tapi juga sebagai embrio mendidik moral generasi muda dan pengenalan agama yg baik.

Jalur Pendidikan Raudhatul Athfal (RA) termasuk pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional dan lebih menekankan kepribadian akhlak yang baik dan islami.


Para Guru menghadiri Hari Bakti KEMENAG
Pembinaan Raudhatul Athfal (RA) dilakukan oleh Kementerian Agama dibawah direktorat Pendidikan Madrasah.

Pendidikan RA lebih menekankan pada keagamaannya. Anak-anak di TK agamanya bisa macam-macam, ada islam, kristen, katolik dll. Tapi kalau anak RA hanya Islam. Kita bisa lihat ada TK Kristen, tapi kita tidak akan menemukan RA Kristen.

Dari segi seragam, anak TK ada yang menggunakan seragam islami ada juga yang bebas, disebabkan  agamanya juga tidak mesti Islam. Tapi semua anak RA berseragam islami, begitu pula gurunya.


KEGIATAN BELAJAR DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN DI LUAR SEKOLAH


Siswa mengikuti Lomba Mewarnai di luar Lingkungan Sekolah

Siswa mengikuti Lomba di Lingkungan Sekolah


Siswa mengisi acara Siaran Taman Kanak-kanak di RRI Palembang


Tampak luar Gedung RA Perwanida 2 Palembang

Siswa mengikuti Manasik Haji se-kota Palembang

 

Penampilan para siswa pada saat Pentas Pelepasan


Kegiatan belajar didalam kelas



Pelajaran Sholat


 
 
Ekstra Kulikuler Menari




--- oOo --- 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar